Posted by: nyomnyom | June 15, 2015

Katokkon

Masih tentang Toraja, kampung halaman dan tempatku bekerja saat ini. Banyak hal di Toraja yang bisa membuatmu jatuh cinta. Selain keindahan alam dan kekayaan budayanya, Toraja juga akan memanjakan kita dengan sajian kuliner lokalnya. Masakan Toraja kaya akan rempah-rempah. Ada beberapa jenis bahan masakan yang sudah jarang ditemukan di daerah lain selain Toraja.

Sebagai penggemar makanan lokal, saya sulit menentukan yang menjadi masakan favoritku. Saya menyukai pammarasan ikan mas (ikan mas dimasak dengan pammarasan atau biasa dikenal dengan nama kluwak dengan mencampur kulit kluwaknya sebagai sayurannya) dan juga tergila-gila dengan sayur tu’tuk (sayur daun ubi/singkong yang ditumbuk halus dan dimasak dengan air dicampur parutan kelapa hingga kering) serta ikan asin.

Dari banyak ragamnya kuliner lokal Toraja, tak lezat rasanya tanpa.didampingi ulekan sambal dari cabai khasnya yang akan menggugah selera. Orang Toraja menyebutnya Lada Katokkon atau lombok katokkon. Merupakan jenis cabai Capsicum annuum L. var. sinensis. Rasanya pedas dan mirip paprika dalam bentuk yang lebih kecil. Makanan lokal Toraja lebih terasa nikmat dengan sajian lombok katokkon yang ditumbuk biasa tanpa digoreng.

Lada Katokkon

Lada Katokkon

Karena bentuknya yang unik, lombok katokkon ini juga menjadi pilihan oleh-oleh bagi mereka yang berkunjung ke Toraja. Saya sendiri pernah mencoba menanamnya di Makassar. Meskipun berhasil tumbuh tetapi tidak berbuah. Mungkin tak cocok dengan hawa panas sehingga hanya tumbuh subur di Toraja yang sejuk.

Seorang pengusaha muda Toraja, ibu Merda, yang melihat peluang baik untuk oleh-oleh sekaligus mendukung usaha industri rumahan dan petani katokkon lalu membuat produk sambal katokkon dalam botol dengan beberapa varian rasa (original, campur dendeng dan campur ikan). Sambal katokkon botol ini pas dibawa perantau Toraja yang rindu dengan cita rasa lokal sekaligus mempopulerkan lombok katokkon Toraja ke daerah lain.

Katokkon Botol

Katokkon Botol

Sekarang, karena malam sudah mulai menjelang, saatnya saya pulang dan memasak makan malam. Ikan goreng, sayur daun labu kuning dan tentu saja, sambal katokkon ulek tanpa tomat kesukaan saya. Selamat makan…

#NulisRandom2015 #Day15 #NulisRandom2015Day15

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: