Posted by: nyomnyom | June 19, 2015

Deppa Tori’

deppa tori

Bukan rahasia lagi orang Toraja senang minum kopi. Kopi arabika Toraja sudah terkenal dimana-mana karena aromanya yang khas dan kekentalan (body) nya yang bagus. Biasanya, untuk kesehatan dianjurkan meminum kopi tanpa gula pasir karena gula akan membuat jamur mudah tumbuh dalam usus dan juga membuat jadi terlalu aktif serta cepat kenyang.

Di Toraja, kopi sering disajikan bersama cemilan khas yang disebut dengan Deppa Tori’ atau juga dikenal dengan nama Deppa Te’tekan. Deppa artinya kue. Jadi Deppa Tori’ adalah kue Tori. Kue ini juga kerap dihidangkan dalam upacara-upacara adat serta menjadi oleh-oleh andalan bagi mereka yang habis berkunjung ke Toraja.

Kue Tori’ terbuat dari tepung beras dan gula merah yang ditaburi dengan wijen. Gula merah sebagai pemanis alami memberikan energi dan juga rasa manis sehingga sangat pas dimakan sembari menikmati secangkir kopi arabika Toraja. Kue Tori’ ini juga dapat dijumpai dibeberapa daerah dataran tinggi lainnya seperti di Enrekang dan Malino. Mungkin dahulu kue ini dimakan agar kuat bekerja dan tahan dingin. Bentuk kuenya memanjang seperti diamond atau belah ketupat. Paling enak dinikmati saat baru selesai digoreng karena masih renyah dan empuk.

#NulisRandom2015 #Day16 #NulisRandom2015Day16

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: