Posted by: nyomnyom | June 19, 2015

Gara-Gara Membaca

FB_IMG_1434299169223

Ya. Membacalah. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membaca. Hermione membuktikan bahwa darah Muggle pun bisa sehebat penyihir berdarah murni karena dia banyak membaca.

Sewaktu masih kecil, orangtua sering membelikan kami majalah anak yang membuat saya bisa lupa makan dan mandi. Ditambah lagi kawan SD, Ati, memiliki koleksi buku bacaan yang dipinjamkan dan membuat imajinasi kanak-kanak saya berkelana kesana kemari lewat kisah-kisah petualangan yang ditulis oleh Enid Blyton, dongeng Hans Christian Anderson dan cerita detektif Agatha Christie.

Buku adalah jendela dunia. Buku bisa membawa kita berkeliling dan mengenal banyak hal tanpa harus berpindah tempat. Ketika membaca petualangan gadis-gadis cilik selama bersekolah di Malory Towers, kisah empat orang sahabat dan seekor anjing di Lima Sekawan, sekelompok remaja mecahkan misteri di Pasukan Mau Tahu serta kasus-kasus pembunuhan yang dipecahkan oleh detektif Hercule Poirot, seperti saya sendiri berada di pedesaan Inggris menikmati kue jahe dan es limun saat musim panas sekolah Malory Tower atau membayangkan menelusuri puri-puri tua sembari mencari petunjuk pelaku kejahatan. Membaca membuat imajinasi saya berkembang dan pengetahuan saya bertambah.

Tak ada yang mengira pula, gara-gara membaca terutama buku-buku Enid Blyton, saya menjadi terinspirasi ingin sekali pergi ke Inggris dan menikmati langsung berjalan-jalan di taman dan memandangi kastil-kastil serta rumah-rumah tuanya yang khas. Mimpi itu terus saya bawa dan ketika mendapat kesempatan meraih beasiswa untuk melanjutkan sekolah pastinya sudah tertebak negara yang saya tuju, Inggris. Bahkan anak saya lahir di Inggris. Senangnya bisa merasakan kue jahe dan es limun serta mengunjungi berbagai kota tua di sana. Akibat keduanya dari membaca waktu itu adalah saya jadi mau masuk sekolah berasrama seperti di Malory Towers. Bahkan ketika hendak mendaftar SMA, saya meminta untuk masuk ke salah satu sekolah swasta di Makassar hanya karena memiliki asrama. Namun, rupanya kakak saya tak ingin adek bungsunya ini jauh dari rumah sehingga dia tak mendaftarkan saya.

Kalau kalian??

#NulisRandom2015 #Day17 #NulisRandom2015Day17

Leave a Reply

Categories

