Posted by: nyomnyom | June 25, 2015

Belajar

Hari ini saya belajar. Belajar untuk menerima ada banyak hal dalam hidup tak berjalan sebagaimana rencana atau layaknya yang dialami orang sekitar. Saya belajar untuk menekan ego dan membiarkan bukan lagi keinginan yang terpenuhi tetapi kebutuhan yang lebih utama. Acapkali saya sering lupa untuk menyukuri berkat dan rejeki yang diberikan hanya karena merasa Tuhan sedang menguji dengan berbagai cobaan. Hal-hal besar dihitung sementara hal-hal kecil luput dari perhatian.

Hari ini saya belajar. Belajar untuk bersabar dan menerima bahwa saya mesti lebih kuat dan tangguh. Anak saya membutuhkan seorang ibu yang cerdas, tidak cengeng, panjang sabar dan yang pasti gigih menemaninya hingga mandiri kelak. Menjadi orangtua dari penyandang autisme harus banyak belajar, membaca, berbagi dan rajin bertanya. Sejak awal kami memang terbuka kepada siapa saja agar kami juga bisa mendapat informasi yang tepat dan memberikan yang terbaik untuk anak.

Belajar untuk tidak bersedih ketika anak-anak lain sudah mampu berdebat dengan orangtuanya sementara Arung baru mengenal satu dua patah kata. Mengganti prioritas dan bekerja lebih keras. Membaca lebih banyak info-info terkini dan mengikuti berbagai milis untuk belajar dari para orangtua hebat lainnya yang tetap semangat membimbing anak spesialnya. Mengganti bahan makanan dan menyediakan diet CFGF serta menahan diri dari godaan sale-sale di pertokoan.

Tak mudah memang. Kadang saya masih kalah, menjadi lemah dan merasa bersalah. Merasa ketakutan tak mampu menemani Arung hingga dia dewasa. Merasa sedih bila dia tak mampu menjelaskan apa yang dia inginkan. Tetapi hari ini saya belajar. Bahwa kebahagian tidak dinilai dari seberapa hebat prestasi yang diraih, seberapa banyak kekayaan yang dimiliki serta seberapa sukses karir yang dijalani. Saya belajar, kebahagiaan adalah hal kecil ketika anak berhasil membuka sepatunya dan kaos kakinya serta menyimpannya di rak sepatu sebagaimana halnya dia berhasil memanggil Opanya.

#NulisRandom2015 #Day22 #NulisRandom2015Day22

Leave a Reply

Categories

