Posted by: nyomnyom | October 26, 2015

Label Baju untuk Si Keren, Arung

Sebentar lagi Arung akan berusia 5 tahun. Sekarang adalah masa-masa dimana dia lagi senang-senangnya bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang. Setiap saya berada di Makassar sebisanya menemani Arung bermain di lapangan depan rumah kami saat sore hari. Anak-anak kecil dan remaja tanggung seringkali bermain sepak bola ataupun sekedar bersepeda dan bercengkerama dengan sebayanya. Tiap kali pintu pagar dibuka, Arung langsung melesat ke lapangan dan mencari kerumunan anak-anak remaja yang bermain bola. Terkadang, ketika saya mencoba mengejarnya, Arung akan berlari menghindar sembari memasang senyum usilnya.

Sebuah perubahan yang cukup terasa tentunya. Sebelumnya Arung sempat mogok bergaul selama kurang lebih dua tahun. Seperti berada didunianya sendiri. Hanya saya, bapaknya dan opa yang boleh berada didunianya. Setelah terapi dan mengikuti playgroup disalah satu sekolah inklusi di Makassar, akhirnya Arung kembali membuka diri dan mulai bergaul. Namun, terkadang sering kali saya atau bapaknya yang menjaga jadi kelimpungan dengan kelincahan Arung yang begitu cepat bergerak. Kadang, kami hanya menoleh sebentar dia sudah lari menghilang.

Berhubung Arung yang super keren ini masih autistik non verbal, saya sedikit khawatir bila suatu masa tak diminta-minta dia lepas dari pengawasan kami. Membayangkannya saja saya sudah tak sanggup. Bagaimana ia nanti bisa menjelaskan nama dan alamatnya? Apakah dia tahu cara memanggil kami, orangtuanya? Namun, mengurungnya didalam rumah saja pun bukanlah hal yang bijak karena Arung perlu untuk mengenal beragam karakter dan mengalami masa kanak-kanak yang ceria serta sewajarnya. Sementara saya dan suami terkadang kalah gesit dari si bocah ganteng kesayangan kami ini.

Walhasil, agar Arung bahagia bermain bebas dan kami juga sedikit berkurang rasa was-wasnya, maka sebuah solusi yang cukup menentramkan hati bersama lalu kami ambil. Dikarenakan anak tak akan nyaman memakai name tag, maka saya memesan label baju yang bertuliskan nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk disematkan pada baju dan celana Arung. Doa kami semoga tak terjadi hal-hal tak diinginkan pada Arung, namun bila suatu saat sempat terlepas dari pengawasan kami, semoga Arung bertemu orang baik yang bisa segera menelepon kami. Tentu saja kami tak berharap yang buruk terjadi. Setidaknya ini upaya kami membuat Arung tetap nyaman bermain tanpa kekangan yang berlebihan.

Label Baju

Label Baju


Responses

  1. Good idea Kak Nyom..
    Tambah pinter Arung. Sehat terus ki nak ganteng 🙂

  2. Wow keren idenya kak. Bisa jadi ide untuk ibu-ibu yang lain. Sehat terus arung, jadi laki-laki yang hebat.


Leave a comment

Categories